Kabut putih nan tebal menyelimuti Dusun Balong di pagi hari. Udara yang sejuk berhembus menciptakan keindahan dan kedamaian diantara bukit-bukit dan hamparan sawah. Pemandangan yang alami serta penduduk yang harmonis menambah keasrian dusun ini. Dusun balong terletak di Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul. Berbagai keindahan mulai dari pemandangan, kesenian serta kerajinan dan kerukunan warganya menjadi ciri khas Dusun Balong.

Masyarakat Dusun Balong kebanyakan dari mereka adalah petani dan peternak. Sehingga ditengah dinginnya kabut pagi hari sebagian masyarakat disana sudah memulai aktivitasnya seperti ke sawah untuk melihat kondisi tanamannya dan ke pasar untuk menjual hasil cocok tanamnya. Setelah matahari muncul mereka pergi ke bukit gunung untuk mencari makanan ternak dan ada juga yang menggembala kambing di tepi gunung.

Musim panen adalah waktu yang paling ditunggu dan menjadi salah satu bentuk kerukunan masyarakat balong. Mereka secara bersama-sama memanen hasil tanamannya yang mayoritas ditanami padi. Uniknya, saat musim panen didaerah Balong hal yang paling mencolok adalah jerami-jerami padi yang mereka tanam. Pemandangan jerami yang menutupi sepanjang dusun Balong membuat keunikan tersendiri. Masyarakat Balong menjemur jerami-jerami tersebut untuk persediaan, mereka menjemurnya hingga kering sehingga dapat disimpan dan digunakan kembali saat persediaan pakan telah habis.

Untuk meningkatkan kualitas panen dan perawatan tanaman yang baik, warga Dusun Balong dibantu oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang merupakan bagian dari Dinas Pertanian dan Pangan Gedangsari. Penyuluhan yang dilakukan oleh BPP terkait dengan peningkatan kualitas panen adalah penyuluhan pemberantasan penyakit pada tanaman (hama). Untuk dibidang peternakan, BPP juga memberikan sedikit penyuluhan mengenai pakan ternak yang baik, persilangan perkawinan hwan ternak, serta vaksin untuk hewan ternak. Pada panen raya bulan Februari 2018, Dusun Balong menjadi salah satu sample untuk bibit dan hasil pertanian yang unggul di bidang pertanian yang dibawahi oleh BPP itu sendiri.

Selain kegiatan pertanian dan perternakan, kegiatan masyarakat Dusun Balong tidak terlepas dari ekspresi kesenian dan kerajinan. Kesenian yang dimiliki Dusun ini yakni kesenian Gamelan, kesenian ini biasanya ditampilkan pada saat perayaan-perayaan Desa. Selain gamelan, Dusun Balong memiliki kesenian yang sangat beragam dari kerajinan kayu yang dibuat tenggok dan batu yang dijadikan patung. Kesenian dan Kerajinan inilah juga menjadi salah satu mata pencaharian wmasyarakat Balong dan menjadi asset Dusun untuk memperkenalkan budaya diluar Kota.

 

Letak Dusun Balong yang berbukit dan dikelilingi hamparan sawah bertingkat (terasering) dapat memanjakan setiap mata yang melihatnya. Seluruh keindahan dan keasrian Dusun Balong dapat dinikmati di atas bukit yang bernama putuk putih. Putuk putih terletak diantara persawahan dan perbukitan di sebelah barat Dusun Balong. Dari bukit putuk putih itulah kita dapat melihat pemandangan keindahan serta kehidupan sehari-hari masyarakat Balong dihimpit oleh keindahan bukit-bukit dan terasering. Bukit putuk putuh juga dapat dijadikan salah satu destinasi wisata jika kita berkunjung di Dusun Balong.