Peringatan sumpah pemuda yang diperingati bangsa Indonesia setiap tanggal 28 0ktober. Peringatan ini dimaksudkan untuk memberi dorongan dan manfaat kepada karang taruna di Bintaran Kidul untuk mengenang jasa pahlawan dan semangat kaum muda untuk berjuang memajukan bangsa Indonesia. Karena tanggal 28 Oktober 2016 merupakan hari Jumat, maka peringatan hari sumpah pemuda diadakan pada Sabtu, 29 Oktober 2016.

Seluruh komponen masyarakat ikut meramaikan acara ini, persiapan yang dilakukan secara bergotong royong. Antusias warga dapat dikatakan sangat bagus, dari setiap hiburan seni yang ditampilkan oleh warga dari golongan anak-anak, remaja dan lansia amat sangat menghibur.

Kebersamaan yang ada dalam mempersiapkan acara tersebut sangat terasa dengan toleransi sesama RT membantu menyumbang konsumsi dari tiap-tiap warganya. Kepedulian mereka bisa diacungi jempol, karena sudah jarang sekali ditemukan kebersamaan di lingkungan kota yang masih sangat hangat seperti yang ada di wilayah Bintaran Kidul. Bentuk dari kerjasama di RW 03 adalah koordinasi konsumsi yang dibagi pada setiap RT yang ada di sana.

Agenda sumpah pemuda ini merupakan kegiatan besar yang kami adakan selama KKN ALTERNATIF 53 di bantaran sungai Code. Kegiatan sumpah pemuda ini dilaksankan di jalan yang berada di depan balai RW 03. Pemilihan tempat berdasarkan letak yang strategis. Di RW 03 sendiri merupakan kampung padat penduduk sehingga tidak ada tempat untuk membuat panggung.

Acara tersebut dimeriahkan oleh pentas seni yang ditampilkan oleh anak-anak, remaja dan penampilan oleh lansia yang ada di RW 03. Kegiatan sumpah pemuda RW 03 dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari Ibu Camat, Ibu Lurah, Ketua RW dan Ketua remaja. Acara puncak peringatan sumpah pemuda adalah penampilan dari karang taruna yang menampilkan paduan suara, teater kebangsaan dan musikalisasi puisi