PPM Reguler 2016

Pengabdian yang dilaksanakan di Pimpinan Pemuda Muhammadiyah Ceper Klaten ini bertujuan untuk memberikan pengarahan dan pembinaan bagi guru guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Kecamatan Ceper Klaten dengan tema Pelatihan Dai bagi Guru-Guru SD/MI Muhammadiyah. Dasar dari diadakan pelaksanaan pelatihan ini karena kader Muhammadiyah khususnya yang berasal dari guru belum aktif  berperan di masyarakat sehingga dalam urusan keaagamaan dalam hal mengisi waktu untuk memberikan pencerahan dalam masyarakat. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dalam hal kultum tarawih atau Ramadhan, khatib sholat Jumat, dan pengurusan jenazah, pembagian waris meskipun tidak berlatar belakang pendidikan agama. Oleh karena itu pengabdian dilaksanakan agar pergerakan Muhammadiyah semakin ada dan terasa di tingkat bawah sebagai pergerakan sosial keagamaan di bawah naungan Muhammadiyah dan pengkaderan terhadap Muhammadiyah selalu eksis.

Pengabdian tersebut dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal 26 Agustus -28 Agustus 2016. Tempat pelaksanaan yang sedianya di Gedung Dakwah Muhammadiyah Ceper Klaten tetapi pelaksanaannya dilaksanakan di MI Muhammadiyah Mlese Ngaran Ceper Klaten. Jumlah peserta sebanyak 22 guru namun semua berasal dari MI Sekecamatan Ceper dan perwakilan dari SD Muhammadiyah tidak ada sama sekali. Pengabdian tersebut dikatakan memenuhi target pengabdian karena Universitas Ahmad Dahlan bersedia memfasilitasi dilihat dari antusiasme peserta meskipun banyak yang terlambat atau Izin tidak sampai tuntas karena alasan keluarga.

Harapannya pengabdian ini menjadi rutinitas dari LPM UAD untuk menyambung silaturahmi demi khasanah keintelektualan dan sebagai wujud tridarma universitas meskipun dengan tema yang sama atau berbeda sesuai dengan kebutuhan warga Muhammadiyah untuk memajukan amal usaha Muhammadiyah supaya maju bersama.