Pada tanggal 31 Juli 2017 telah dilaksanakan upacara penenrjunan KKN PPM Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta bertempat di kantor Kecamatan Patuk, Gunungkidul. KKN PPM ini merupakan Program Pengabdian kepada Masyarakat yang melibatkan 27 mahasiswa KKN bertema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemberdayaan Masyarakat Melalui Untuk Meningkatkan Kemandirian Usaha” dengan pengusung program Isana Arum Primasari, ST, MT dan Annie Purwani, STP, MT. Program ini berangkat dari potensi dusun Gumawang yang merupakan desa binaan Program Studi Teknik Industri UAD dan bekerjama dengan Kemenristek DIKTI. Pembinaan dan pendampingan dusun Gumawang telah berlangsung selama 2 tahun dan akan melabar dan berlanjut kepada progam-program lainnya.

Dalam acara tersebut bapak camat R. Haryo Ambar Suwardi, SH, Msi, menyambut baik program ini dan berpesan untuk selalu melaksanakan pemberdayaan masyarakat dimanapun kita berada. Beliau selaku camat Patuk selalu mengedepankan produk lokal dan mengharamkan penggunaan produk asing agar dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Harapan beliau bahwa program ini dapat berkelanjutan karena sudah sejalan dengan program Kecamatan dalam rangka mewujudkan Patuk sebagai “Kampung Coklat”. Upacara penerjunan KKN PPM diakhiri dengan penandatangan Berita Acara Serah Terima Bantuan Alat Pengolahan Coklat yang selanjutkan akan diteruskan kepada 3 dusun yang menjadi sasasrn program.

Kegiatan KKN PPM ini dilaksanakan di 3 dusun binaan coklat yaitu: dusun Gumawang, dusun Plumbungan dan dusun Plosokerep selama 35 hari. Beberapa program yang dilaksanakan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, perbaikan proses produksi dan pengemasan, diversifikasi olahan pangan lokal dan coklat, pendampingan pengurusan PIRT dan pemasaran produk. Proggram akan diakhiri dengan acara “Gelar Produk” bersamaan dengan perayaan Kemedekaan Indonesia yang akan dilaksanakan di kantor Kecamatan Patuk.