Mahasiswa KKN Alternatif Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta melaksanakan kegiatan workshop yang bertema “Eksplorasi Kali Code sebagai Sumber Belajar Siswa” dilaksanakan pada Kamis (23/11/2017). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kali Code Kampung Jetisharjo Kota Yogyakarta. Kegiatan ini bekerjasama dengan sekolah sungai Yogyakarta. Sasaran dari kegiatan ini adalah para guru dari Sekolah Dasar yang berdekatan lokasinya dengan kawasan Kali Code Utara. Kegiatan ini diketuai oleh mahasiswa ketua KKN Alternatif UAD, dan sebagai penanggung jawab sekolah sungai adalah Totok Pratopo yang juga sebagai pegiat Kali Code sejak tahun 2001.

Urgensi penyelamatan sungai-sungai dan lingkungan hidup di Indonesia sudah tidak bisa disangkal lagi. Upaya ini harus dimulai sejak dini dengan edukasi yang baik untuk membangun kesadaran. Sekolah Sungai ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusinya. Tujuan dari gerakan sekolah sungai ini adalah untuk mengajak para guru sekolah dasar untuk turut mendukung upaya Sekolah Sungai sebagai langkah awal untuk membiasakan anak-anak peduli akan penyelamatan sungai dan lingkungan. Kegiatan ini juga sebagai bentuk pendidikan non formal yang dapat dimanfaatkan oleh para guru yang membutuhkan referensi objek-objek belajar luar ruang bagi para siswanya.

Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menjelaskan kepada para guru tentang pemahaman Sekolah Sungai, dan juga mendiskusikan dengan para guru mengenai objek-objek yang ada di kawasan Sungai Code Kampung Jetisharjo dan sekitarnya, yang berpotensi sebagai sumber belajar siswa.

Dengan adanya kegiatan ini, harapannya adalah para guru kemudian dapat memberikan edukasi sejak dini kepada anak-anak sehingga tertanam rasa kepedulian mereka akan pentingnya menjaga kebersihan sungai dan lingkungan, dapat bersahabat dengan sungai dan alam, yang kemudian dapat mengembalikan sungai kembali pada fungsinya. Selain itu dengan adanya kegiatan ini juga diharapkan akan terbinanya kerjasama antara Universitas Ahmad Dahlan dengan pegiat Sekolah Sungai Yogyakarta ke depannya.